Konveksi Baju Seragam - Terdapat beberapa type mesin jahit, untuk yang menekuni di industri garmen atau konveksi baju begitu perlu untuk ketahui beberapa jenis serta peranan dari mesin jahit itu.

Dari langkah pengoperasiannya mesin jahit terdiri jadi tiga type yakni :

  1. Mesin jahit mekanik atau manual, mesin jahit manual pertama kalinya di ciptakan berbentuk peluru berupa gelendong. Mesin jahit manual yang paling primitif awal mulanya cuma dapat untuk menjahit jahitan rantai. Walau jahitan rantai ini dapat buat jarak jahitan kecil serta rapi, namun jahitan rantai mempunyai kekurangan yaitu jahitannya begitu gampang terurai. Supaya jahitan tidak gampang terurai jadi mesin jahit mesti dapat menjahit dengan dua benang sejajar, dari jarum atas serta kumparan yang dibawahnya, hingga penjahit dapat buat jahitan kunci. Saat ini mesin jahit manual telah dapat buat jahitan zigzag, untuk mesin jahit manual high-end juga telah dapat menjahit dengan jahitan dekoratif.

  2. Mesin jahit listrik, type mesin jahit ini sistem kerjanya yaitu impulse listrik juga akan menembak jarum serta mengembalikannya kembali dengan pergerakan yang ritmik, disertai dengan juga pergerakan mekanik yang mendorong kain waktu dijahit. Pergerakan mekanik ini jadi pengganti push serta pull seperti yang berlangsung panda mesin jahit manual. Mesin jahit listrik mempunyai produktivitas yang lebih tinggi dibanding dengan mesin jahit manual.

  3. Mesin jahit computer, dibanding dengan mesin jahit listrik, mesin jahit computer yaitu mesin jahit yang paling mutakhir dari semuanya type mesin jahit. Mesin jahit computer juga digerakkan oleh listrik seperti mesin jahit listrik. Tetapi mesin jahit computer mempunyai mikroprosesor. Hal semacam ini sangat mungkin mesin jahit computer untuk buat alur, baik berbentuk jahitan dekorasi ataupun menjahit border. Mesin jahit computer begitu mutakhir, mesin ini juga akan berhenti dengan automatis apabila berlangsung perubahan warna sesuai sama alur yang sudah di buat di computer.

Berdasar pada dari peranannya, ada banyak type mesin jahit, seperti berikut ini :

Mesin jahit jarum 1 atau single needle, mesin jahit ini yaitu mesin yang perlu dipunyai dalam dunia gamen atau konveksi baju. Contoh mesin jahit jarum 1 : Juki DDL8300, YAMATA-FY5318-SM http://www.bandungkonveksindo.com/

Mesin jahit jarum 2 atau double needle, terdapat banyak jenis mesin jahit jarum 2,

1.

o Jarum dua standar

o Jarum dua split

o Jarum dua rantai

o Contoh mesin jahit jarum 2 : Yamata FY82, Pfaff 1246, Juki MH-1410D.

Mesin obras atau overlock, ini yaitu mesin untuk buat pengaman bahan kain supaya tidak gampang terurai. Terdapat banyak jenis mesin obras, benang 3, obras benang 4, obras benang 5, obras benang 6. Contoh mesin ini : Yamata FY747A.

Mesin gunakan kancing, ada dua type mesin gunakan kancing yakni gunakan kancing chainstitch serta gunakan kancing lockstitch. Contoh mesin ini : Juki 372, Juki 373, Brother 913, 915 serta 917.

Konveksi Jaket Bandung - Mesin lubang kancing, adalah satu diantara mesin special di sector produksi garmen serta konveksi. Tehnologi mesin lubang kancing JUKI yaitu Computer controlled serta Bastingstitch sistem. Jahitan yang dapat menjaga bentuk lubang kancing senantiasa konstan yaitu, active tension serta option long pressure foot. Contoh mesin ini : Juki LH-980.

Mesin zigzag, Mesin jahit yang hasilkan jahitan zigzag. Ada dua type yaitu, zigzag 2 step serta zigzag 3 step. Contoh mesin ini : Singer 1910, Singer 20U73.